Selasa, 27 Maret 2012

Review Website SAP Gunadarma

          Gunadarma memiliki begitu banyak website, mulai dari masalah kemahasiswaan, klub/ukm, staf, hingga materi pembelajaran. Kali ini saya akan mengulas tentang SAP (Satuan Acara Pembelajaran). SAP merupakan salah satu web penting bagi mahasiswa gunadarma. Hal ini dikarenakan dalam SAP memuat garis besar bahan pelajaran mata kuliah yang di ambil.
          Berikut ini adalah tampilan awal SAP:

         Untuk masalah desain, menurut saya web ini tergolong standard. Desain yang simpel lalu pilihan warna yang kurang menarik terdapat dalam web ini. Karena ini termasuk jenis web statis (data jarang diubah) maka menurut saya desain seperti ini sudah cukup. Yang penting adalah konten yang terdapat di dalamnya.

         Berikutnya adalah pilihan daftar SAP

              Terlihat ada 6 fakultas beserta fakultas terkait di dalamnya. Ini memudahkan pengguna untuk mencari  jurusan dengan mudah. Lalu saya coba untuk masuk  lebih dalam. Kali ini saya memilih jurusan Teknik Informatika.


                Dapat kita lihat bahwa ketika kita masuk ke dalam langsung muncul semua mata kuliah dalam jurusan teknik informatika. Pengguna dapat melihat detail serta mendownload konten yang mereka inginkan.

                Dilihat dari usabilitynya, web ini termasuk kategori mudah. Halaman page yang simpel membuat pengakses dapat masuk dengan waktu yang cepat.serta tampilan yang standard membuat pengguna bisa memakainya dengan mudah.

                Untuk accessibility, web ini tidak dilengkapi tools bantu untuk penyandang cacat, jika ditambahkan mungkin akan semakin lebih bagus lagi.

                Kesimpulan saya adalah bahwa SAP gunadarma cukup simpel dan mudah untuk diakses mahasiswa dan konten yang di dalamnya pun sangat bermanfaat.

5 komentar:

Nanda Aria Putra mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Nanda Aria Putra mengatakan...

Sebenernya isi dari SAP masing masing mata kuliah itu apa? dan apakah materi materi yg sesuai dengan SAP bisa didownload di situs tersebut?

K.H. Dwi Utomo mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
K.H. Dwi Utomo mengatakan...

Nice post brother.. :D

postingan mengenai sap ini sangat membantu untuk mengingatkan para mahasiswa, bahwa website sap.gunadarma.ac.id penting untuk mengetahui materi apa yang akan dipelajari. :D

mumkin print screennya bisa diperbesar biar lebih easy seem gtu..hhe

Thanks ..

Unknown mengatakan...

Nice post Gan. BTW, kolom untuk tulis komentarnya agak ribet ya? Harus klik poskan komentar dulu, lalu masuk ke halaman komentar. Hehe. Ane mo nanya ni Gan. Agan 'kan bilang kalo mahasiswa di Gunadarma "sering" mengakses website ini, apakah benar seperti itu? Kenyataannya yang saya lihat si tidak demikian. Dari sekian banyak mahasiswa di satu kelas, yang mengakses website SAP ini bisa dihitung dengan jari. Tu kira-kira kenapa ya? Apakah berkaitan dengan faktor desain or fitur-fitur yang kurang ya? Thanks before. :D